Bahasa Indonesia

Xi Jinping Hadiri KTT CEO APEC dan Sampaikan Pidato

criPublished: 2021-12-01 13:30:18
Share
Share this with Close
Messenger Pinterest LinkedIn
咪乐|直播|会员号 (三)提高高技能领军人才的经济待遇。

Presiden Tiongkok Xi Jinping menyampaikan pidato yang berjudul “Pertahankan Pembangunan Berkelanjutan, Bangun Bersama Komunitas Senasib Sepenanggungan Asia-Pasifik” secara virtual dalam KTT CEO APEC pada Kamis hari ini (11/11) di Beijing.

Xi Jinping menunjukkan, kini, pandemi Covid-19 masih merajalela di seluruh dunia, dan pemulihan ekonomi dunia menghadapi kesulitan. Kawasan Asia-Pasifik seharusnya berani memikul tanggung jawab zaman, memainkan peranan kepemimpinannya, dengan teguh menuju target pembentukan komunitas senasib sepenanggungan Asia-Pasifik. Xi Jinping mengajukan empat butir insiatif:

Pertama, dengan sekuat tenaga menanggulangi wabah. Semakin sulit keadaan, semakin harus memperkuat keyakinan, tenang dan berani. Menghadapi ujian yang berkaitan dengan masa depan manusia, berbagai ekonomi dan kalangan masyarakat Asia-Pasifik hendaknya tetap menomor-satukan rakyat dan jiwa, menjunjung semangat ilmiah, bersatu padu dan berupaya mencapai kemenangan tuntas dalam penanggulangan wabah.

Kedua, mempertahankan keterbukaan dan kerja sama. Berbagai pihak hendaknya memahami situasi, aktif memperluas keterbukaan, mendorong liberalisasi dan fasilitasi perdagangan dan investasi, memelihara rantai industri dan rantai pasokan yang stabil dan lancar, serta mendorong pemulihan ekonomi demi mewujudkan pembangunan berkonektivitas.

Ketiga, mendorong transisi hijau. Hendaknya mempertahankan prinsip tanggung jawab bersama yang berbeda, melaksanakan “Persetujuan Paris” dan Konferensi Para Pihak ke-15 “Konvensi Keanegaragaman Hayati”, mengenai penanggapan perubahan iklim dan bersama-sama menempuh jalan hijau, rendah karbon dan pembangunan berkelanjutan.

Keempat, aktif mendorong inovasi. Hendaknya mempercepat inovasi iptek dan sistem, mendorong perubahan hasil iptek, serta membina dinamika baru perkembangan ekonomi.

Xi Jinping menekankan, Tiongkok akan berupaya mendorong kerja sama dan menang bersama, memainkan peranan konstruktif dalam pengembangan ekonomi Asia-Pasifik. Mempertahankan multilateralisme yang sesungguhnya, aktif berpartisipasi dalam tata kelola ekonomi global, dan mendorong pembangunan ekonomi dunia tipe terbuka. Dengan teguh mendorong pembangunan bersama “Sabuk dan Jalan” yang bermutu, meningkatkan kerja sama di bidang pengentasan kemiskinan global, ketahanan pangan dan pengumpulan dana pembangunan, menginjeksikan daya penggerak ke dalam pemulihan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan Asia-Pasifik, serta membentuk komunitas senasib sepenanggungan pembangunan global.

Share this story on

Messenger Pinterest LinkedIn
百度