Bahasa Indonesia

Kalimat Emas dalam Pidato Xi Jinping di Depan KTT CEO APEC

criPublished: 2021-12-01 14:49:45
Share
Share this with Close
Messenger Pinterest LinkedIn
咪乐|直播|更新为 结果发现,钙同位素比例其实与母体小行星和行星的质量相关,因此可以提供一个对它们的吸积时间尺度的替代。

Presiden Tiongkok Xi Jinping menyampaikan pidatonya yang berjudul “Pertahankan Pembangunan Berkelanjutan, Bangun Bersama Komunitas Senasib Sepenanggungan Asia Pasifik” secara virtual di depan KTT CEO APEC pada Kamis hari ini (11/11).

Xi Jinping mengatakan, wabah Covid 19 kini masih merajalela di seluruh dunia, dan pemulihan ekonomi dunia masih berat dan berliku-liku. Kawasan Asia Pasifik selalu menjadi titik pertumbuhan penting ekonomi dunia dan terlebih dulu menunjukkan momentum pertumbuhan dalam krisis kali ini. Pada saat yang bersejarah ini, kawasan Asia Pasifik hendaknya mengemban tanggung jawab zaman, memainkan peranan penyuluhan dan dengan tegas menuju target pembentukan komunitas senasib sepanggungan Asia Pasifik.

Sedini mungkin terlepas dari bayangan gelap wabah dan mewujudkan stabilitas dan pemulihan ekonomi merupakan tugas paling urgen kawasan Asia Pasifik. Semakin sulit keadaan, semakin butuh memperkuat keyakinan, ketenangan dan keberanian. Menghadapi ujian abad yang berkaitan dengan masa depan dan nasib manusia, berbagai ekonomi dan berbagai kalangan masyarakat Asia Pasifik hendaknya mengutamakan kepentingan rakyat, memprioritaskan keselamatan jiwa, mengembangkan semangat ilmiah, bersolidaritas, saling membantu bahu-membahu dan berupaya mencapai kemenangan total penanggulangan wabah.

Berbagai pihak hendaknya berlapang dada dan menguasai perkembangan situasi menyeluruh, melepaskan pandangan ke depan dan maju ke depan, menentang perbuatan diskriminatif dan eksklusif. Menggarisi ideologi dan membuat lingkaran kecil geopolitik tidak akan memiliki masa depan. Kawasan Asia Pasifik juga tidak boleh dan juga tidak seharusnya kembali ke kondisi perlawanan dan perpecahan pada masa Perang Dingin.

Lingkungan hidup yang baik merupakan produk publik yang paling pokok dan kesejahteraan rakyat yang paling universal. Kawasan Asia Pasifik hendaknya menjadi hijau sebagai warna dasar pemulihan pasca wabah, dan berupaya menjadi pelopor dalam menanggapi perubahan iklim secara ilmiah.

Tanpa pembangunan, kekuatan ekonomi tranformasi hijau sulit dikumpulkan; sedangkan mengabaikan kehidupan rakyat, akan kehilangan dukungan sosial transformasi hijau. Kita harus memahami ide pembangunan berkelanjutan dengan tepat, terus menjadikan rakyat sebagai pusat, menyelaraskan pertumbuhan ekonomi dengan baik, menjamin kehidupan rakyat serta penghematan energi dan pengurangan emisi, serta mendorong transformasi hijau dalam pembangun ekonomi dan mewujudkan pembangunan yang lebih besar dalam transformasi hijau.

Kita hendaknya mempercepat inovasi iptek dan inovasi sistem, meningkatkan kerja sama inovasi iptek antar anggota Asia Pasfik, dan menciptakan lingkungan yang terbuka, adil dan non diskriminatif dalam perkembangan iptek.

Tiongkok akan dengan teguh mendorong reformasi dan keterbukaan, serta mendorong perkembangan ekonomi Asia Pasfik; memajukan transformasi hijau dan memberikan sumbangan kepada pembangunan peradaban ekologis Asia Pasifik bahkan seluruh dunia; mencurahkan tenaga dalam mendorong kerja sama demi kemenangan bersama, dan memberikan sumbangan kepada pembangunan ekonomi Asia Pasifik.

Aksi pengurangan emisi Tiongkok merupakan sebuah pembaruan ekonomi dan sosial yang mendalam. Meski tugasnya amat berat, Tiongkok akan tetap melakukan upaya yang gigih dan kontinu demi memberikan sumbangan kepada transformasi hijau global.

Share this story on

Messenger Pinterest LinkedIn
百度